Warning: mysql_connect(): It is not safe to rely on the system's timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected the timezone 'UTC' for now, but please set date.timezone to select your timezone. in /home/rsubhaktiasih/public_html/includes/db_con.inc.php on line 10

Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/rsubhaktiasih/public_html/includes/db_con.inc.php on line 10









GANGGUAN FUNGSI GINJAL AKUT

Yang dimaksud dengan gangguan fungsi ginjal akut atau (GgAK) adalah penurunan fungsi ginjal secara mendadak yang menyebabkan terjadinya penumpukan zat-zat sisa terutama nitrogen seperti ureum dan kreatinin. Penumpukan zat-zat sisa di dalam darah ini disebabkan karena zat-zat tersebut tidak bisa dikeluarkan atau disaring oleh ginjal yang mengalami gangguan.

Berbeda dengan penyakit Ginjal Kronik (PGK), dimana fungsi ginjal tidak bisa kembali menjadi normal. Pada GgAK, fungsi ginjal bisa kembali normal bila faktor penyebab diobati. Beberapa faktor penyebab ternyadinya gangguan fungsi ginjal akut, seperti pendarahan yang banyak, muntah-muntah, diare, syok, infeksi berat, kurangnya asupan cairan, luka bakar yang meluas, gagal jantung, dan sirosis hati (penyakit hati lanjut).

Pada sebagian pasien, gejala klini tidak ditemukan, terutama pada gangguan fungsi ginjal yang ringan. Pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal yang lebih berat, dapat dijumpai gejala berupa jumlah urin yang lebih sedikit (berkurang) disertai warna yang lebih gelap. Selain itu juga akan meninmbulkan gejala berupa mual, lemas, nafsu makan menurun, gatal-gatal, tidak bisa konsentrasi, adanya bengkak (edema) pada kelopak mata, perut atau punggung kaki, kadar ureum dan kreatinin darah meningkat, warna urine lebih pekat karena adanya sel darah merah dan protein.

Pada pasien yang mengalami gangguan fungsi ginjal akut perlu dilakukan hemodialisis atau cuci darah untuk menarik cairan yang berlebih dari pembuluh darah dan untuk meperbaiki keasaman darah (asidosis).Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menggantikan cairan yang hilang akibat penyakit ini ialah dengan pemebrian tranfusi darah untuk memperbaiki anemia (kekurangan darah) yang akan menurunkan resiko terjadinya gangguan fungsi ginjal akut.

Bila anda ingin berkonsultasi untuk penyakit ginjal dan penyakit dalam lainnya dapat datang ke RS. Bhakti Asih menemui  dr. Dharmeizar, SpPD -KGH dan dokter spesialis penyakit dalam  lainnya yang berpraktek pada.


Dibuat pada tanggal : 2013-02-06 13:31:49